Cara Upgrade dan Download iOS 7 Versi Final di iPhone, iPad dan iPod Touch

Cara Upgrade dan Download  iOS 7 Versi Final di iPhone, iPad dan iPod Touch - Hari ini, Apple baru saja merilis iOS 7 versi Final ke publik, iOS yang merupakan sebuah revolusi dari iOS sebelumnya. iOS ini di lengkapi dengan fitur-fitur yang inovatif dari Jony Ive, generasi ketujuh mobile operation sistem miliki Apple ini, kini tersedia untuk pengguna iPhone 4 atau lebih tinggi, iPad 2 atau lebih tinggi dan iPod Touch Generasi ke 5.

iOS 7 hadir dengan fitur baru seperti control center, file sharing AirDrop, integrasi Vimeo dan  Flickr, iTunes Radio, audio panggilan FaceTime dan banyak lagi. Hal ini juga meningkatkan pada fitur yang ada seperti peningkatan alert, Notification Center, multitasking yang halus , perbaikan Siri, Safari, Foto dan masih banyak lagi.

Untuk pengguna yang telah update ke iOS 7 GM sebelumnya, sebaiknya Download file ipsw iOS 7 versi final dan gunakan restore manual di iTunes, sebab versi ini tidak menyediakan update OTA.

Cara Update iOS 7 via OTA : Buka Setting - General - Sofware Update - Chek For Update -Download dan install. untuk menggunakan cara ini, iDevice anda di haruskan untuk terhubung dengan Wifi. karena file yang besar.

Cara Update iOS 7 via iTunes : Untuk cara ini, Cukup hanya Sambungkan iDevice anda ke PC dan Buka iTunes, Secara otomatis iTunes akan memberikan anda pemnberitahuan tentang Update software terbaru, jika anda tidak mendapatkan Pemberitahuan, silahkan klik Chek For Update. Menggunakan cara ini, anda hanya perlu bersabar karena iTunes akan mendownload file iOS 7 dan meng-install dengan Otomatis.

Cara Update iOS 7 via Manual : Cara ini sebenarnya sama dengan cara kedua, perbedaanya hanya file ipsw download terpisah dan tidak download melalui iTunes. tapi menggunakan iTunes untuk memperbauharui iDevice anda. Setelah File ipsw selesai anda download, sambungkan idevice anda ke PC dan Buka iTunes. Tekan Tombol Shift + Restore untuk Windows dan Option + Restore untuk Mac OS X, akan muncul tampilan jedela pop up untuk mencari file, Pilh iOS 7 iPSW.

Update Silahkan Download File iPSW iOS 7 Direct Link :

Apple beberapa waktu lalu merilis iOS 7.0.2 untuk iPhone, iPad Dan iPod Touch untuk memperbaiki Bug yang ada pada Lockscreen di iOS sebelumnya, Bug ini bisa anda manfaatkan untuk mengakses aplikasi yang berjalan di backgroud melalui Lockscreen. Silahkan download file IPSW iOS 7.0.2 melalui Link di bawah ini.

Untuk iOS 7.0.4 silahkan baca melalui Link ini

Note : Untuk Cara iTunes dan Manual, Pastikan anda menggunakan iTunes versi terbaru, Saat ini adalah iTunes Versi 11.1

Jika iPhone, iPad atau iPod anda jailbreak, sebaiknya tunda untuk mengupdate ke iOS 7, Sampai ada informasih yang pasti tentang tool jailbreak iOS 7.
179 Komentar untuk "Cara Upgrade dan Download iOS 7 Versi Final di iPhone, iPad dan iPod Touch"

hahaha, entar saya Update Link File ipswya,, sabar yah

Siap setia lah mpe subuh...
wkwkwkwk

Artikel Update with iOS 7 ipsw Direct Link

langsung markir...
makasih agan hyllal....

Kasih link torrentnya juga dong 😍

Cari di mbah google udah ada gan' atau langsung ke thepiratebay :)

yang di atas dah link langsung dari server Apple

wah mantap ni ada direct link nya soalnya update via itunes gagal terus :(

Berapa besar file nya gan? Ada 1 GB kah?
Thx.

yah sekitas 1 GB bro, sebaiknya gunakan koneksi yang cepat

ouw iya om kok via ota ukuran nya 728 MB tapi kalau via manual sekitar 1.180 Gb. itu kenapa berbeda om?

Ios7 suport kuiyoung ga bro hyllal

Mksdny IPSW iPhone 4 (gsm rev a) itu gmn bang hyll??

Biasanya hanya untuk jenis iPhone yang berasal dari US, klu indonesia pilih yg GSM ajah

om saya dah download iwps nya cmn ko muncul notif seperti ini "iphone not compatible" iphone saya iphone 5 model (A1429)

coba download yang satunya Bro, klu dah kelar lapor di mari, mungkin saya yg keliru

saya download yang iphone5 A1429 tapi filenya zip ya ? kalo di extract ga ada file ipsw-nya gan ?

ane pake iphone 5 gan pas mau restore keluar pesan "the iphone could not be restored because the firmware file is not compatible"

pake update manual, knapa muncul error 3004 ya om? gimana cara penyelesaiannya?

gan ane mau tanya indikator batre di iOS7 kalo udah fully charged gimana gan? kmren kmren kan pas beta masi belum ketauan.
makasi sebelumnya gan

om saya dah berhasil update ios 7 nya makasi om..
btw model iphone 5 nya kebalik link nya hehe
sukses selalu buat om

Sabar all, pertnyaan akan saya jawab sebentar lagi, soalnya lagi menulis artikel.

kyknya salah download bro, mungkin salah klik link atau beda no seri model

iTunesnya atau PCnya terkoneksi di internet nggak?

biasanya klu Full ada gambar colokan listrik di samping baterai

mantapppp tapp tapp, ehh tapi koq size nya sama ama yg ios7 GM yah ?

ia, iOS 7 GM tuh dah mirip banget ama versi Asli

iphone saya sudah terJB 6.1,klo saya restore langsung dari itunes ios7 nya bisa ga?

sm m yg diatas nich min, error 3004 jg, PC nya konek k internet, aq pk iphone 4s

gan ane pake iphone 4 cdma verizon, dan sudah download ipsw nya dari link diatas.
tapi pas mo di restore lewat itunes error pesan "firmware not compatible..."
itu kenapa ya gan, padahal sudah sesuai dg link yg agan kasih utk ip4cdma

mungkin salah download bro, atau salah klik link, klu error seperti itu iPSWnya nggak cocok dengan iDevicenya :D

ohh gitu yah, tp yg GM agak lag min kemaren pas os7 final lancar :)
gan ituns nya koq gak mau sync itu kenapa yah ?

tapi semua ipsw iphone4cdma sama dengan link yang agan kasih.
dan ga ada lagi cuma 1 aja.
iPhone3,3_7.0_11A465_Restore.ipsw 1.078.601 KB

atau ada link yang lain selain itu gan

aku dah chek di semua website luar dan local, semuanya sama kok dengan yg di atas

Gan iphone3gs ane low di aktivinin jaringan 3G KO malah gg ada sinyal padahal sudah di area sinyal bagus sudah ganti kartu masih sama,,,,iphone 3GS ios 6.1.2"
Knp ya Tan????.???

gan klo update secara manual gak bakalan ilangin data aku gak

gan kok iphone 4 saya ga ada itunes radionya?

di versi beta 6 ane coba support kok bro.

gan kalo udah upgrade ke ios 7? gak bisa downgrade ke 6.1.3?

kasian yang cuma punya iPod Gen 4..
ngga bisa nyicipin iOs 7.

tolong yg iPad 4th-generation model A1458 salah tuh tertukar dgn yg CDMA....
thanks

Setelah upgrade ios 7, kabel tdk support utk ngecas?? Ada tulisan "this cable not certified" waduh gmn nih? Mohon pencerahan

Gan kalo iphone 4 cdma jailbroken 5.1.1 mau update iOS7 via OTA bakal kenapa2 ngga ya?

shift+ restore = itu tombol restore yang mana ya

gan kenapa download ios 7 via itunes ny gagal trs? padahal udh jalan setengah :(

ommm liat model iphone 5 dimana ya? maklum newbie :(

gan kalo ada notif purchase items hrs ditransfer ke itunes library padahal udah ditransfer dan ada di folder itunes tp notifnya ada terus, itu gimana ya? thx

Gan. Ane download ipsw untuk iphone 5. Pertama kan masuk tahap eksrak. Habis itu ko muncul tulisan "the iphone "nama device" could not be restored. An unknown error occurred (3004)
Itu knp ya gan? Mohon pncerahannya :)

muncul error 3004, trs dikoneking ke inet mlah muncul error 3014. itu gmna ya penyelesaiannya??

itu ada di itunes nya, sebelahnya udpade dan diatasnya backup.

ko, Pas mau Restore iOS 7 buat iPhone 4s GSM tulisannya
"iPhone tidak dapat diperbaharui karena firmware tidak kompatibel" ?? help dong

ko, Pas mau Restore iOS 7 buat iPhone 4s GSM tulisannya
"iPhone tidak dapat diperbaharui karena firmware tidak kompatibel" ?? help dong

sebaiknya di backup dulu, karena manual akan mengembalikan sperti standar pabrik

setelah iOS terbaru di rilis Apple, hanya di beri waktu satu hari untuk bisa downgrade ke iOS sebelumnya

Upgrade pake Manual atau iTunes, krn bakal gagal jika JB upgrade OTA

okey saya akan buat postingan khusus untuk error ini

itu salah download, pastika anda klik link yang cocok.

Untuk iphone 4 performa gimana nih ? Bagi pengalam untuk ios 7 di iphone 4 dong

gan pnya ane udah tlanjur di jailbreak..kalo misal jailbreak d apus trus di update ios 7..kira kira bisa???

Langsung Upgrade ajah, entar JBnya hilang sendiri, tapi jangan Upgrade OTA yah

kyknya ipswnya bermasalah bro, saya akan benahi masalah ini

Silahkan di coba om. iOS 7 pengalaman baru

gan ane mau up ke 7 tapi ko gak bisa yah pada saya saat mau restore pake ipsw ada notif "could not be restored because the frimeware file not compatibale" mohon pencerahan gan makasih

iDevicenya yang mana bro? iPhone iPad atau iPod?

GSM yah? sorry, saya akan perbaharui Link di atas, atau sebaiknya Uprade Via iTunes saja bro

mas, file ipsw buat iphone 4s masih bermasalah gag? pengen upgrade tapi takut eror kek diatas..

sabar, saya akan secepatnya memperbaiki Link di atas, ia masih bermasalah. sebaiknya Upgrade lewat iTunes

kalo lewat itunes misalkan download nya macet ato korup ngaruh pas intal ios 7 gag mas? maklum internet kurang stabil

dari ios 7 ke ios 6.1.3 untuk iphone 4 bisa gak?? aku cba error 3004 padahal ud connect ke internet ?? mohon solusinya

Mas, setiap saya download lewat itunes kok lambat ya ? Padahal barusan selesai download ios 7 via ota 1gb, cuma 40menit, tapi via itunes 24jam lebih baru selesainya. Mohon bantuannya mas

bro hyllal mau nanya nih penting maaf newbie, saya upgrade ipad 2 via wi-fi ke os7 setelah selesai kan instal pembaruan dan itu masih konek wifi lalu dia merestar setelah itu tiba2 masuk recovery mode
ada solusinya ? saya konek ke itunes malah disuruh download 6.1.3 padahal saya baru hampir selesai menginstal ios7 makasih bro

sebaiknya gunakan koneksi yang stabil, minimal Speedy 1 MBps

download ipswnya dan Upgrade via manual

thanxu vroh hyllal,berhasil di i4s ane..cakep dah ah vroh hyllal...

oke gan makasih berhasil nih hehehhe btw kalu ada yang main clash of clans mampir ke Trans Jakarta yah

kok ane gak bisa ya,di ipad ane muncul firmware not compatible,punya ane ipad 4 a1460

pertama iPSW'y ane taro di disk E dan gagal terus..tapi brhasil stelah ane taro di desktop.kali aja masalah'y sama ma kasus ane

udah bisa ya mas buat 4s? katanya yg diatas masih error???

bisa gan,donlot iPSW'y pk idm biar lebih stabil,nih buktinya,

https://lh3.googleusercontent.com/-E5YZG63nizw/Uj1N_1oB1MI/AAAAAAAAD44/gOjmslkfjOw/w830-h274-no/mmm.jpg

Gak bisa nya,gimana ya gan?soalnya 4s ane work.cm masalah pada koneksi yang kudu stabil waktu proses restore.

siiiipp.... dicoba dulu mas! moga berhasil.. hehe

gan mau nanya nih gan, saya udah berhasil Update ke IOS 7 gan, cuma ada kendala di jaringan selularnya gan, jaringan hanya bisa conect beberapa menit aja gan. kira-kira apanya ya gan?

gan saya punya iPhone 5 cara bedain kalo dia tipe a1428 dan a1429 gmana gan?

ane pke cara manual gan,pas abis ane select firmware nya muncul tulisan firmware not compatible

di bagian belakang dibawah tulisan iphone gan

maaf bro, mau tanya ni. iphone 4 (Rev A)artinya apa ya..? maaf newbie..

Kurang lebih rev A itu katanya buat i4 8Gb,iPSW nya beda,dan i4 rev A di awali dengan ME798 atau ME799 untuk model numbernya,koreksi kalo ane salah..

gan ane update via ota udah selesai ketika mau install kenapa eror ya sebelumnya ane pake ios 5...mohon petunjuk gan...

Mas skrng posisi ip4 di ios 5.1.1 jb.
Ane pingin ngerasain ios 7.
Nah ketika udah upgrade, kmd jika pingin downgrade ke ios 5.1.1 lagi apa bisa?
Gimana caranya?
Makasih

ya bro maw downgrade, iphone 4, nge lag... kurang bagus untuk performannya. koneksi internet kenceng kq.. apa yang salah ya ?? mohon di bantu

Gan,iOS 7 udah bisa dijailbreak belum yah?

Bang
Seandainya blum ada update software di pengaturan gimna caranya t bang

Gan kasih solusi dong
Wifi di iphone saya ngga bisa on?

ane udah bisa gan cara manual cara ota juga ip 4 s . yg manual kalo eror restore,terus An unknown error occurred (angka") restart pc terus non aktifin antivirus terus coba lagi restore . :D

bagaimana membedakan jenis ipad 3 + 3G milik saya, apa ATT atau Verizon??


iPad Wi-Fi + Cellular (model for ATT)
iPad Wi-Fi + Cellular (model for Verizon)

Bro, punya ane kan os 5.0.1 JB unthet mau update ke OS 6.1.3 atau 7 gimana tuh? Kalo 6.1.3 udah ada yg JBnya gak tuh?

klo lewat Ota itu tinggal menambahkan file update yg kurang, sedangkan klo manual itu file dri awal seperti restore... kurang lebih itu gan... heheh

pake yang ini iPad Wi-Fi (3rd-generation) itu umum

saya akan membuat artikel untuk membahas ini

harus Upgrade ke iOS 7, nggak bisa lagi ke iOS 6.1.3

Gan...posisi ipod 5 JB 6.1.2...mw ke ios 7 gmn ya gan..??klo update lmgsmg dri ipod 5 nya bisa ga ya???....

download ipswnya melalui link diatas trus restore pake iTunes 11.1

gan aku udah donlot itunes 11.1 dan IPSW ios 7 for iphone 5, tp pas shift + restore kluar :
the iphone 'xxx' couldn't be restored because the firmware file is not competible

coba lihat no identifikasi numbernya di balik casing iPhonennya, sesuaikan dengan yang ada di link download

Tq ya bro, proses upgradenya sukses.
Link untuk IOS 7 A1428 dan A1429 sepertinya terbalik dech, coba dicek dech.
skali lg tq ya bro.

i did fix the error 3004, dunno why, at the beginning i got error 3004 too, then i deleted "find my ipad" from icloud.com, i turned it off for 10 hours (i need to sleep dude) then this morning i tried it again and viola, my itunes recognise my ipad mini and started to updating..

P.S: i'm using TS method, download the correct IPSW file for ur idevice and press shift and click update.

good luck mate.

Maaf gan, ane pengguna baru iphone. iphone ane 4 g su softbank japan dan iosnya 6.0.1. ane berencana mau upgrade ke ios 7 lewat itunes. apa nanti setelah di upgrade, iphone bisa langsung di gunakan gan (maksudnya otomatis langsung aktif iphonenya) ? atau nanti terkunci gan. sementara ini ane pakai gmate+ untuk komunikasi. terima kasih banyak gan.

gan, ane udah update iphone 4 ke 7.0.2 via itunes, pemberitahuannya udah kelar, tp ko iphone ane malah masuk recovery mode terus, ga bisa di exit, kalo di restart langsung masuk ke recovery mode terus ya

Klo gak salah untuk Iphone 4 cdma itu:
Iphone3,3_7.0.2_11A501_Restore.ipsw

sepertinya akan kembali minta aktivasi lagi

restore dalam recovery mode sampai selesai

iya gan terima kasih y. Trus apa ada cara untuk aktivasi lagi gan ? caranya bgm gan ? terima kasih gan.

gan, mau tanya, ipad 2 saya sudah diupgrade ke ios 7...masalahnya, google nya ga bisa jalan...apa settingan selular datanya yg eror ya...buat searching, etc notifikasinya "tidak ada koneksi". mohon bantuannya, tk

bisanya itu hanya masalah janringannya saja

iya gan, kejadiannya sama kayak punya saya. agan sudah tau penyebabnya..?? kasi tau ya

sy punya iphone 4 versi 4.3.4 (8k2) firm. 04.10.01 sudah saya jailbreak....mau sy upgrade atau restore ko gagal terus...error 3004, kadang 3194

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

permisi, numpang nanya jg,,,, aq pake ipad 2 GSM ios awal 5.0.1 JB nah aq mau upgrade k ios 7.0.2, udh download manual dr link d atas bro, nah pas retore manual selalu gagal n muncul error 3004 ato 3194, kira2 solusi na gmn y gan? utk DFU mode jg udh aq coba jg gagal jg muncul error tersebut, mohon pencerahan ne bro,,, thx a lot,,,

Gan, ane ada masalah dikit ma iphone 4 gsm neh, di iphone nya cm kedap kedip logo apple nya aja, gimana cara mengatasi masalah ini gan?
mohon bantuan dan pencerahannya

bang sya udah upgrade ios 5.1 ke ios 7.0.2 pas udah kumplit downloadnya minta instal..tp emang lama yaa buat nginstalnya??ini klap klip trus bang tp g mau display..mohon d balas bang...

klo bsa bls k email sya aja bang...

Gan mau nanya...
iPhone 4 daya SU,kalau Update ke iOs 7 apa iPhone nya bisa di Unlock lagi...
Trims

Satu lagi gan.
Kalau iphone 4 SU Jailbreack saat kita update ke iOs 6.1.3 apa iPhone nya aman & apa bisa di unlock pakai ultraSnow gan..
Terima kasihhh

iPhone 4 SU versi 4.0.1 mau naikkan versinya menjadi 6.1.3 kondisi iphone saya jailbreack unlock ultrasnow.
Bila kita update ke versi 6.1.3 apakah iPhone nya aman dan apakah bisa di unlock lagi pakai ultrasnow....
Mohon bimbingan

Gan mau numpang nanya... saya gaptek banget...
wktu itu dari Ipad 2 saya lgs sy update ios 7... trus dia minta direstore di itunes... tp slalu gagal dan muncul : iTunes may display "Error 3194

dan saya sdh download iPad2,2_7.0.2_11A501_Restore & iPad2,2_7.0_11A465_Restore
dan gk ada yg berhasil / "firmware file is not competible"... mohon bantuannya gan

terima kasih

Newbie : gan ane pakek 4s mw update ios 7.03 lwt itunes, download sekitar 8jam kalo trus gitu bakal ngaruh sama batre iphone gak?? takutnya bikin rusak?

Gan posisi skrng Ip4 os 5.1.1 mau upgrade os 7 baik OTA maupun lewat iTunes 11 tetap ga bisa mohon bantuannya gan., makasih di tunggu

restore ke iOS 7.0.3, biasanya ipswnya corrup (rusak) jadi nggak cocok

sebelumnya iPhonennya gg pernah berada di iOS 6, jadi tdk memiliki shsh, mau tidak mau mesti Upgrade ke iOS 7, pastinya Unlocknya akan hilang...

Download file ipsw iOS 7.0.3 trus restore pake cara manual

Maaf mau nanya ni min,gua udah upgrade iphone gue ke ios 7
Tapi kq malah ga bsa perbaharui fb.gua kira kesalahan jaringan aja,pas itu gua hapus fb,waktu mau instal ulang jga ga bisa
Knapa ya??
Mohon jawaban nya

saya mau tanya kenapa pas mau restore manual tidak muncul jendela pop up untuk memilih file ipsw, malah di arahkan ke internet untuk download. mohon bantuannya

tekan tombol shift trus klik restore

gan kok iphone saya habis download ios7 langsung hank error di system SIGNAL nya jadi searching terus gan ? :(

saya update ios 7 via itunes. then keluar ' the iphone software update server could not be contacted '

Gan, mau nanya iphone 4 cdma 8gb bisa di upgrade ga ke ios 7 via itunes ? Lag ga ? Makasih ya

gan ane mau tanya nih sedikit,., ane pake iphone 5,., jadi lupa sandi icloud,, nah yg ane mau tanyain bgmn cara merubah id icloud ane yg sudah telanjur lupa sandinya,. mohon di kasih pencerahan,.

Bang bisa bantu ipone 5 saya buatan cina. pake android mt65. bisa bantu tidak di install ios 7 0812310397271

gan, saya upgrade ios 7 ttp data seluler 3G saya ngga ada gimana ya itu caranya?

tidak bisa bro, soalnya itu cara apple untuk memastikan anda pemilik asli iPhone tersebut, jika Lupa satu2nya cara yah harus ingat kembali

hahahaha, itu namanya iPhone palsu, sampai kapanpun nggak bisa install iOS 7

iya gan..ane juga mau tanya tentang ini..

gan ane mau nanya cara unlock di iphone 4 32g ios7 softbank jepang ..biar ni iphone gk jdi iphod mohon pencerahan thanks

Gan ane punya iphone 4 terus ane restore di itunes saat ingin booting selalu restart dan masuk recovery mode saya mau tanya apa ya penyebabnya erornya iphone tidak dapat dipulihkan,terjadi kesalahan yang tidak diketahui (9) tolong gan solusinya keadaan seperti itu kenapa yahh...kalo hardwere yang sering bermasalah apa ya gan...tolong dibantu makasihh gan

Tolong dibantu gan eror iphone anda tidak bisa dipulihkan,terjadi masalah yang tidak diketahui(9) kenapa ya gan saat mau booting gambar apple dan garis bawah tiba2 restart dan masuk recovery lagi gan tolong gan pencerahanya masalah apa yang terjadi ketika restore iphone 4 saya apakah hardwere atau softwere
Makasiiih

error 3004 terus pas restore manual..udah ngelakuin berbagai cara masih aja error 3004

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

sama gan.. gue juga kena hal sama... tolong donk..gan.. dibantu solusi nya. thanks ya gan.

gan.. apa emang iphone 4S gak bisa y.. pake ios7..system SIGNAL nya jadi searching terus gan.... Tolong dibantu gan :(

Gan boleh tanya kalau update iphone lasung di sofware update kenapa gak muncul apa karena iphone saya di jailbreak trus cara update lasung via iphone yang sudah di jailbreka tampa itune tolong bantuanya yah emai saya rindarahmat13@yahoo.co.id

gan saya punya iPad generasi pertama, kalo diupgrade ke ios 7 bisa gak ya gan? sorry gan newbie...

IPOND 3G 34GB APA IOS 6 APA BISA DI UPGRADE ISO 7 BANTU DONK,,,,,,,,

gan saya mau tanya punya saya iphone5s kmrin saya mau upgruad ios8 tpi sya lpa paswoodnya.jadi terkunci icloudny jadi gmna gan supya bsa terbukak lgi

gan ipone A1428 kena paswod
cara riset gimna gan
mohon pencerahan nya gan

gan ipone A1428 kena paswod
cra riset nya gimna gan
mohon pencerahan nya gan

gan ipone A1428 kena paswod
cra riset nya gimna gan
mohon pencerahan nya gan

gan, ane pke cara no 1. ane download sblum tidur. pas bangun, ane lihat iPhone kok ga bsa idup. di lyarnya ada gmbar kabel data di tujukan ke iTunes.
gmna solusinya? mohon batuannya.

iphone 3gs bisa upgrade ke ios 7 ?

Jika anda pertanyaan silahkan :

Follow Twitter Blog https://twitter.com/netheroes @netheroes

Like Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/hyllalnetheroesblogspot

Tambahkan juga di Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Back To Top